Sabtu, 02 Oktober 2010

DINAMIKA KELOMPOK

II. FUNGSI DINAMIKA KELOMPOK
Kelompok berfungsi sebagai tempat berbagi pengalaman dan saling membantu satu sama lain, untuk menemukan cara menyelesaikan masalah. Kelompok merupakan laboratorium tempat mencoba dan menemukan hubungan interpersonal yang baik, serta mengmbangkan perilaku yang adaptif. Anggota kelompok merasa dimiliki, diakui, dan dihargai eksistensinya oleh anggota kelompok yang lain.
Dinamika kelompok merupakan kebutuhan bagi setiap individu yang hidup dalam satu kelompok yang saling berinteraksi membutuhkan satu dengan lainnya. Berdasarkan hal tersebut, maka diperlukan dinamika kelompok karena dinamika kelompok dapat berfungsi sebagai berikut :
  1. Antara individu satu dengan yang lain akan terjadi kerjasama saling membutuhkan, mengingat setiap individu tidak mungkin dapat hidup secara sendiri didalam masyarakat atau dimana ia bertempat tinggal, karena mereka akan saling membutuhkan dalam mengatasi persoalan hidup.
  2. Melalui dinamika kelompok individu akan lebih memudahkan segala pekerjaan karena pekerjaanyang dilakukannya tidak dapat dilaksanakan tanpa bantuan seseorang, sehingga dengan berdinamika kelompok orang akan mengetahui kelemahan dalam bekerja.
  3. Dengan dinamika kelompok segala pekerjaan yang membutuhkan pemecahan masalah dapat teratasi, dan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu besar sehingga waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dapat diatur secara tepat, efektif dan efisien, karena melalui dinamika kelompok pekerjaan besar akan akan dibagi-bagi sesuai dengan bagian kelompoknya masing-masing.
  4. Akan lebih meningkatkan masyarakat yang demokratis karena individu satu dengan yang lain dapat memberikan masukan atau berinteraksi dengan lainnya dan memiliki peran yang sama dalam masyarakat.
Fungsi lain dari dinamika kelompok adalah sebagai berikut :
  • Melindungi anggota dari bahaya
  • Menyelesaikan masalah anggota
  • Menyediakan sumber yg tepat
  • Menyelesaikan tugas
  • Menyusun standar untuk anggota
  • Merubah opini di luar kelompok
  • Memberi nasihat pd. Anggota
  • Ketrampilan dan info
  • Pengorganisasian
Disamping fungsi-fungsi diatas kelompok berdasarkan tipe dapat berfungsi sebagai berikut :
    1. Task Related/instrumental
v tekanan atau perhatian pada pekerjaan
v tugas terselesaikan/tuntas
    1. Interpersonal
v membina moral dan perasaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar