Sabtu, 23 Oktober 2010

jenis, penyebab dan dinamika gerakaan massa

Ada tiga jenis gerakan massa, yaitu :
  1. Gerakan massa progresif : mengganti norma lama dan membentuk norma yang baru
  2. Gerakan massa status quo : mempertahankan norma lama (konservatif)
  3. Gerakan massa reaksioner : orang yang bersifat untung-untungan, lebih lunak/fleksibel, tidak tegas dan selalu mementingkan golongannya sendiri.

Penyebabnya :
Salah satu pandangan berpendapat bahwa manusia merupakan individu yang mempunyai dorongan atau keinginan yang pada prinsipnya membutuhkan pemuasan atau pemenuhan. Tetapi dalam kenyataannya tidak semua dorongan atau keinginan yang tidak memeperoleh pelepasan terdorong dan tersimpan didalam alam bawah sadar, yang suatu saat akan muncul kembali diatas sadar bila keadaan memungkinkan.
Dalam kehidupan bermasyarakat adanya norma-norma tertentu yang merupakan pedoman yang membatasi gerak atau perilaku anggota masyarakat. Dengan adanya norma, anggota masyarakat tidak dapat bebuat seenaknya. Norma berfungsi dapat menyesuaikan keadaan lingkungan, dengan menyesuaikan norma-norma yang ada dalam masyarakat. Salah satu mengenai perbuatan masa adalah berdasarkan atas faktor psikologis yang mendasar yaitu orang bertindak dalam massa atas dorongan yang muncul dari alam bawah sadarnya yang ditekan. Jika masalah dipendam akan kurang baik, karena hal itu akan muncul kembali dalam bentuk massa.

Proses Dinamika Gerakan Massa :
  1. Pemusatan perhatian
  2. Pusat rasa kagum dan perasaan berada pada suatu massa
  3. Penciptaan suasana kebersamaan
  4. Pemimpin menbayar massa untuk menjalankan aktivitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar