Sabtu, 02 Oktober 2010

PENGERTIAN, HAKIKAT, DAN KEDUDUKAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN TERHADAP PENDIDIKAN

  1. Pertumbuhan
Dalam konsep perkembangan juga terkandung pertumbuhan. Pertumbuhan (growth) sebenarnya merupakan sebuah istilah yang lazim digunakan dalam biologi, sehingga pengertiannya lebih bersifat biologis. C.P. Chaplin (2002), mengartikan pertumbuhan sebagai satu pertambahan atau kenaikan dalam ukuran dari bagian-bagian tubuh atau dari organisme sebagai suatu keseluruhan. Menurut A.E. Sinolungan, (1997), pertumbuhan menunjuk pada perubahan kuantitatif, yaitu yang dapat dihitung atau dapat diukur, seperti panjang atau berat tubuh. Sedangkan Ahmad Thonthowi (1993), mengartikan pertumbuhan sebagai perubahan jasad yang meningkat dalam ukuran (size) sebagai akibat dari adanya perbanyakan (multiplication) sel-sel.[9]
Dari beberapa pengertian diatas dapat dipahami bahwa istilah pertumbuhan dalam konteks perkembangan merujuk pada perubahan-perubahan yang bersifat kuantitatif. Dengan demikian, istilah “pertumbuhan” lebih cenderung menunjuk pada kemajuan fisik atau pertumbuhan tubuh yang melaju sampai pada suatu titik optimum dan kemudian menurun menuju keruntuhannya. Sedangkan “perkembangan” lebih menunjuk pada kemajuan mental atau perkembangan rohani yang melaju terus sampai akhir hayat. Inilah pemahaman saya mengenai perkembangan dan pertumbuhan itu sendiri yang saya ambil dari beberapa pengertian yang telah disampaikan oleh beberapa para ahli.
  1. D. Kedudukan Psikologi Perkembangan terhadap Pendidikan
Pendidikan tanpa sempurna kalau seorang guru tidak memahami tentang psikologi. Psikologi menempati peringkat teratas dalam dunia pendidikan. Dengan menguasai psikologi, seorang guru dapat lebih bijak dalam mentransfer ilmu terhadap para anak didiknya.
Psikologi itu objeknya adalah menyangkut masalah kejiwaan, akan tetapi status keilmuannya bukan semata-mata merupakan ilmu rohaniah seperti halnya filsafat dan teologi. Hal ini disebabkan karena menurut pandangan psikologi modern, jiwa manusia itu bukan merupakan sesuatu yang rohaniah yang terlepas dari raga manusia yang jasmaniah. Menurut pandangan modern jiwa manusia itu bersama raganya merupakan suatu kesatuan yaitu “Jiwa Raga” yang tidak dapat dipisah-pisahkan, dimana kegiatan jiwa itu tampak juga pada kegiatan raganya dan kecepatan reaksi jiwa manusia itu dapat diukur pula pada kecepatan reaksi yang tampak pada gerak-gerik tubuhnya. Oleh karena itu, psikologi merupakan Ilmu Jiwa Raga, maka berarti juga merupakan kelompok ilmu pengetahuan alam yang eksakta sama halnya dengan Biologi dan Phisiologi[10].
Kedudukan psikologi perkembangan terhadap pendidikan adalah sebagai ilmu. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Dra. Nyayu Khodijah, M.Si dalam bukunya Psikologi Belajar yang berbunyi“Sebagai sebuah ilmu, psikologi berupaya mencari kebenaran ilmiah dengan menggunakan pendekatan ilmiah, yaitu pendekatan yang didasarkan pada hasil penelitian ilmiah yang dilakukan secara sistematis, berdasarkan pada data empiris, dan dapat diuji kebenarannya.[11]
Setelah kita memperhatikan penjelasan diatas, sedikit dapat kita tarik suatu kesimpulan secara sederhana, bahwa psikologi sangatlah penting kedudukannya dalam pendidikan. Disamping guru mendidik jasmani, guru juga dituntut untuk mendidik rohaninya. Dengan demikian jiwa anak didik akan lebih sempurna dalam menuntut ilmu, dan guru lebih bisa memfokuskan dan menilai setiap anak didik, mana yang konsentrasi dalam belajar dan yang tidak.
Cara mendidik yang modern sekarang lebih menitikberatkan terhadap pendekatan psykis. Karena dengan demikian, anak didik lebih bisa menerima apa yang dinasehatkan dan diucapkan oleh gurunya. Dulu para guru lebih menggunakan sistem hukuman dan lebih radikal dalam mendidik muridnya, hal ini kalau dilihat dalam ilmu psikologi tidak diterima, karena mendidik dengan cara ini tidak akan membawa manfaat yang besar dan tidak akan berhasil. Malahan akan timbul pemberontakan jiwa oleh anak didik tersebut terhadap gurunya. Oleh karena itu psikologi kedudukannya sangatlah penting terhadap pendidikan.
  1. E. Kesimpulan
Untuk memudahkan dari pemahaman tentang isi makalah kami, dengan ini kami akan tampilkan sekilas rangkumannya yang kami buat dengan secara sistematis, lugas, dan ringkas. Berikut rangkumannya:
  1. Psikologi Perkembangan adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari kegiatan/tingkah laku individu manusia dalam perkembangannya beserta latar belakang yang mempengaruhinya.
  2. Perkembangan adalah proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan pertumbuhan, pematangan, dan belajar.
  3. Pertumbuhan adalah satu pertambahan atau kenaikan dalam ukuran dari bagian-bagian tubuh atau dari organisme sebagai suatu keseluruhan.
  4. Kedudukan psikologi perkembangan terhadap pendidikan adalah sangatlah penting sehingga menjadikan guru lebih bijaksana dalam mentransfer ilmunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar