Sabtu, 23 Oktober 2010

Mengapa Orang Masuk Kelompok

ketertarikan interpersonal
Ketertarikan interpersonal mengacu pada perasaan-perasaan positif terhadap orang lain. Ahli-ahli psikologi menggunakan istilah ini untuk mencakup berbagai pengalaman, termasuk rasa menyukai, pertemanan, kekaguman, ketertarikan seksual, dan cinta (Dayakisni & Yuniardi, 2008; Matsumoto, 2008).

aktivitas kelompok
Salah satu alasan mengapa orang mau masuk kelompok adalah aktivitas kelompok. Bagaimana aturan serta kegiatan-kegiatan yang rutin dilakukan oleh suatu kelompok.

Tujuan Kelompok
Setelah ketertarikan interpersonal dan aktivitas kelompok terpenuhi maka orang-orang akan melihat tujuan kelompok tersebut..Tujuan itu merupakan untuk apa berdirinya kelompok tersebut dan tujuan yang bila dilakukan sendiri tujuan itu tidak tercapai.

keanggotaan kelompok
Keanggotan kelompok mungkin unsur yang mulai hilang dari suatu kelompok.Contohnya semakin banyaknya anggota kelompok mereka hanya berkomunikasi atau berbicara tentang keanggotan melalui situs jejaring sosial.Unsur ini dianggap tidak terlalu penting untuk orang yang akan masuk suatu kelompok hanya sebagai syarat masuk dalam suatu kelompok

efek instrumental dari keanggotaan kelompok
Eefek instrumental keanggotaan adalah bagian dari keanggotaan itu sendiri. Maksudnya adalah suatu komunikasi antar anggota dan pengaruh dari kebersamaan suatu kelompok.Orang banyak akan melihat dari sisi ini karena orang memilih kelompok karena dia merasa sendiri dan ingin berkelompok


Tidak ada komentar:

Posting Komentar